Sejarah Desa

31 Januari 2017 19:18:39 WIB

1.1.1Sejarah Desa

Menurut Nara sumber Bapak MOEDJITO (Mantan Seksdes), sejarah atau cerita berdirinya Wilayah Desa Tangkil diawali dengan adanya pembentukan Pemerintah Desa, dimana pada saat itu masyarakat masih kebingungan karena belum adanya pimpinan pemerintahan  Desa atau kelurahan bahkan masih ikut Pemerintahan Pacitan yang di Pimpin Kanjeng Jimat. Sehingga pada era Kepemimimpinan Kanjeng Jimat Pacitan  beliau datang kewilayah ini untuk memilih Kepala Desa, sekaligus memberi nama Desa. Menurut Sejarah Narasumber/sesepuh bahwa terpilihnya   Kepala     Desa dengan   cara   berbaris   membentuk    barisan  Berbanjar sehingga setelah barisanya  kelihatan rapi oleh  panitia  dari masing-masing jago/calon yang barisanya paling depan  mulai  di hitung satu persatu    ke  kebelakang,  maka  Jago   yang   hitungan    jumlah pemilihnya paling  banyak  itulah  yang  terpilih   menjadi   Kepala   Desa   atau  Lurah.   Adapun calonnya   pada  waktu itu  ada  2  (dua )  calon / Jago  Kepala  Desa,   setelah dihitung suara terbanyak namannya  DJOKARSO maka dinyatakan sbagai calon jadi  atau terpilih  menjadi kepala  Desa sekaligus oleh kanjeng Jimat Pacitan dilantik sebagai kepala Desa, dengan alamat rumah/kampung  sempu  Dukuh  Krajan. Setelah Usai membentuk Kepala Desa Tangkil Kanjeng Jimat menanam empat Pohon Beringin empat titik sebagai tanda batas Desa Tangkil Kecamatan Panggul dengan Desa Sidomulyo Kecamatan Pule, sampai sekarang masih hidup satu pohon dan tempat tersebut diberi nama Prapatan ( sekaligus sebagai tempat Pasar Prapatan/ Pasar Desa ) 

 

5.

Tempat  pemilihan  Kepala Desa  di  sebelah  barat  Balai  Desa  sekarang, kurang  lebih  150 m,  pada  waktu   itu belum mempunyai Kantor Balai   Desa. Ketika   pemilihan   Lurah   atau  Kepala   Desa  di saksikan  oleh  Ndoro  Demang  ( Kanjeng Jimat Pacitan )  kemudian  dengan    berdirinya nama Desa Tangkil kebetulan tempat itu ada pohon Tangkil maka oleh Kanjeng Jimat Desa ini dianamakan Desa Tangkil, Setelah  usai  mendirikan   Desa   Tangkil   Kanjeng Jimat  meneruskan kisah perjalanan   di wilayah   Desa  Tangkil, tepat   di   perbatasan    antara Onderan Karangan dan Onderan Tangkil  dan  di perbatasan  Desa Sidomulyo  Kecamatan Pule, Kanjeng Jimat Pacitan kemudian singgah di Tlatah Prapatan  dengan  Sejarah masih Zaman Kademangan  telah Membuat Tanda  Batas antar    Wilayah   Onderan  dan Desa, sehingga   beliau menancapkan empat   Patok, Pohon  Beringin,  di sebelah Timur Dua Buah Batang  Pohon  Beringin  dan   di   sebelah   Barat     Dua   Buah   Batang Pohon Beringin sampai sekarang Tahun 2013  yang  masih   hidup   tinggal   satu   Pohon Beringin saja, dan sekarang tempat ini di Jadikan tempat usaha dengan nama Pasar Prapatan (Pasar Desa Tangkil) Juga tidak kalah pentingnya bahwa Desa Tangkil Pernah sebagai tempat Pusat Pemerintahan dengan bahasa lain ( anderlaine) perlu kita  kaji ulang sejarah Bangsa walaupun tempanya jauh dari Kota namaun ber andil cukup besar.

  1. Menurut nara sumber Kepala Desa Tangkil yang ke 12 (dua belas) bernama TOIRONO mengatakan ketika pemberontakan tahun 48 di Madiun Pasukan Siliwangi juga melintas dikawasan Desa Tangkil, sekalgus singgah di Kademngan.
  2. Menurut Nara Sumber Bapak LATIP yag ketika itu menjadi Juru Tlis Kantor Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek, menurut keterangannya dengan kurun waktu tidak lama beliau di mutasi menjadi Juru tulis kecamatan Munjungan, namun demikian karena dengan kegigihnya dan prestasi yang baik beliau mendapat Anugrah diangkat Oleh Bupati Menjadi Camat Pule, singkatnya beliau telah mengatakan kepada saya (BONARI) sebagai sekdes Desa Tangkil yang saat ini masih eksis bahwa Desa Tangkil Pernah menjadi pusat Pemerintah atau disebut Onderan beliau mengatakan di Wilayah Panggul waktu ada salah satu  telah mengadakan Pemilihan Kepala Desa, pada waktu dilantik  mengatasnamakan Camat Tangkil  bukan Camat Panggul, Beliau adalah yang menduduki Onderan Tangkil waktu itu. Menurut Bapak Latip Beliau Meninggal di Dusun Madatan Desa Panggul Kabupaten Trenggalek. Punya Putra menjadi Kepala Desa Ngrencak Kecamatan Panggul. Dan masih banyak yang bersipat spiritual menurut para sesepuh. Ini Seklumit Sejarah Desa Tangkil  

 

 

 

 

 

 

Adapun dalam hal pembagian Wilayah Desa Tangkil sebagai berikut:

Terdiri dari 4 (empat ) Dusun yaitu:

 

  1. Dusun Krajan
  2. Dusun Belangan
  3. Dusun Selur
  4. Dusun Galih

 

 

 

6.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Para Kepala Desa Tangkil semenjak  Berdirinya  Desa  Tangkil   adalah  sebagai berikut:

NO

NAMA

ALAMAT

MASA JABATAN

KETERANGAN

 

1

DJOKARSO

DUSUN KRAJAN

-

Lurah Pertama

2

DJOKARSO

DUSUN KRAJAN

-

Lurah Kedua

3

SONOMEDJO

DUSUN KRAJAN

-

Lurah Ketiga

4

NOLOKROMO

DUSUN SELUR

-

Lurah Keempat

5

SOKROMO

DUSUN BELANGAN

-

Lurah Kelima

6

SEMIN

DUSUN GALIH

-

Lurah Keenam

7

………………

DUSUN KRAJAN

-

Lurah Ketuju

8

SEMIN

DUSUN GALIH

-

Lurah Kedelapan

9

WARIYO

DUSUN SELUR

-

Lurah Kesembilan

10

TOIKROMO

DUSUN KRAJAN

-

Lurah Kesepuluh

11

KARMONADI

DUSUN KRAJAN

-

Lurah Kesebelas

12

TOIRONO

DUSUN KRAJAN

-

Lurah Kedua belas

13

SARDJIMAN

DUSUN KRAJAN

1974 -1998

Kades Ketiga belas

14

LAMIYO

DUSUN GALIH

1998 -2006

Kades Keempat belas

15

KASNO

DUSUN BELANGAN

2006 -2012

Kades Kelima belas

16

KASNO

DUSUN BELANGAN

2013 -2018

Kades Keenam belas

 

  1. Sejarah Pembangunan Desa Tangkil Masa lalu.

Pada   Masa  lalu  mengenai  Pembangunan   masih  banyak  yang   sifatnya   Gotong royong,  Misalnya  Pembuatan  Jembatan,  Jalan  dan  Saluran  Irigasi   yang   seluruhnya merupakan  Swadaya Masyarakat  sendiri,  dan  dengan  mudah  Masyarakat   diajak bekerja Gotong   royong   Namun   lama  -  kelamaan   Gotong   royong    Tersebut   semakinberkurang.

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi TANGKIL

tampilkan dalam peta lebih besar